Bagi masyarakat di Indonesia yang minoritas nya beragama Islam pastinya sunat ataupun khitan merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan bagi seorang pria yang sudah balig apalagi hukum sunat tersebut adalah wajib bagi seorang pria.

Sunat adalah memotong kulup yang menutupi kepala Mr P sehingga tidak ada lagi sisa air kencing yang tertahan dan dengan demikian sunat menjadikan tubuh bebas dari najis, namun sebenarnya masih banyak lagi manfaat sunat di Klinik Gracia Cideng bagi kesehatan pria.

Biasanya seorang anak di sunat ketika kenaikan kelas 3-5 SD, karena pada anak seumuran tersebut lebih mudah diberi pengertian dan belum terlalu besar usianya, karena jika sudah terlalu besar usia anak tersebut di khawatir kan menjadi malu bila di sunat laser.

Sejarah Sunat Dalam Kehidupan Manusia

Dari beberapa penelitian mengenai masalah khitan organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan bahwa di Mesir tradisi semacam ini telah dilakukan jauh sebelum agama Islam lahir.

Data menunjukkan bahwa praktek-praktek tersebut telah dilakukan di sebelah selatan Afrika kira-kira sejak 6000 tahun yang lalu, bahkan terdapat bukti-bukti atau gambar-gambar relief dari zaman Mesir pada tahun 2800 sebelum masehi.

Sementara itu, di Indonesia mengenal sunat sebelum Islam datang, seperti masyarakat Banten misalnya. Dalam sebuah catatan sejarah permulaan masuknya agama Islam di wilayah kerajaan Pajajaran, kropok cerita Parahiayangan diungkapkan bahwa: “Sumbelihan niat inya bresih suci wasah, disunat ka tukangnya jati sunda teka”.

Terjemahannya adalah sebagai berikut: “Disunat agar terjaga dari kotoran, bersih suci bila dibasuh. 

Disunat pada akhirnya merupakan kebiasaan adat Sunda yang sesungguhnya”, dari catatan tersebut dapat ditafsirkan bahwa tradisi khitan (laki-laki dan perempuan) telah dikenal oleh masyarakat Sunda jauh sebelum Islam berkembang di wilayah tersebut.

Kedatangan Islam yang memuat ajaran tentang khitan terutama khitan laki-laki merupakan penyempurnaan religi atas adat dan tradisi yang telah lama dianutnya.

Manfaat Sunat Bagi Kesehatan Pria:

Seperti yang diungkapkan para ahli kedokteran bahwa sunat mempunyai manfaat bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, najis dan bau yang tidak sedap.

Berikut dibawah ini adalah berbagai macam manfaat sunat lainnya bagi kesehatan pria diantaranya adalah sebagai berikut:

Membuat Lebih Mudah Membersihkan Mr P

Sunat membuat pria lebih mudah mencuci dan membersihkan Mr P sehingga kebersihannya terjaga. Sedangkan pria yang tidak disunat, sulit untuk menjaga kebersihan area Mr P karena adanya kulup yang menutupi.

Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Sunat dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih karena kulup dihilangkan, yang biasanya menjadi tempat berkembangnya kuman. Selain itu, pria yang disunat juga akan mengurangi risiko infeksi tersebut pada pasangannya.

Mengurangi Risiko Infeksi Menular Seksual

Sunat dapat mengurangi risiko infeksi penyakit menular seksual (IMS), termasuk HIV. Namun tentu saja, melakukan seks yang aman tetap menjadi hal yang penting.

Mencegah Terjadinya Masalah Pada Mr P

Salah satunya, kulup pada Mr P yang tidak disunat terkadang sulit ditarik ke atas (fimosis). Hal ini dapat menyebabkan peradangan di kulup atau kepala penis.

Sunat Dapat Mengurangi Risiko Kanker Mr P

Walaupun jenis kanker ini sangat jarang, namun umumnya pria yang disunat memiliki risiko lebih kecil. Selain itu, wanita yang memiliki pasangan pria yang sudah disunat pun kecil kemungkinannya terkena kanker serviks.

Itulah tadi sejarah sunat dalam kehidupan manusia serta manfaat bagi kesehatan pria dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda.