Mungkin banyak orang awam termasuk Anda yang belum mengetahui penyakit kelamin herpes ini. Ya, penyakit herpes atau yang biasa disebut penyakit cacar merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok di bagian tubuh. Selain herpes, penyakit sifilis juga perlu anda waspadai.

Biasanya sih jika Anda terserang penyakit ini akan merasakan gatal-gatal dan jika gelembung airnya dipecahkan maka bisa terasa perih.

Dan ternyata masih banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa penyakit herpes ini ada terbagi ke dalam 2 macam golongan. Yang pertama Herpes Simplex dan Herpes Zoster, persamaannya adalah keduanya disebabkan oleh virus.
  • Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), merupakan virus yang menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas. Dan juga virus HSV 1 seperti sariawan di mulut bibir dan ruam lepuh lainnya.
  • Herpes Simplex virus-2 (HSV-2), merupakan virus yang menyerang bagian pinggang ke bawah, biasanya sih pada bagian kelamin sehingga biasa disebut dengan Herpes Genitalis.
Perlu dicatat juga yah bahwa HSV2 (herpes genitalis) tidak bisa menular melalui udara, tetapi bisa juga menular melalui hubungan badan.

Herpes Zoster

Herpes zoster ataupun yang biasa disebut cacar ular merupakan penyakit infeksi pada kulit. Namun perbedaan yang sangat mencolok antara herpes cacar air dengan apa itu herpes zoster memiliki ciri-ciri cacar gelembung pada bagian tertentu.

Lalu apa sih penyebab herpes?

  • Umumnya penyebab Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), adalah tertular oleh orang yang sedang menderita oleh penyakit herpes tersebut.
  • Umumnya penyebab Herpes Simplex Virus-2 (HSV-2), adalah ditularkan melalui hubungan badan dengan orang yang menderita penyakit ini dan gejalanya adalah adanya luka luka kecil di area kelamin. Bahkan bahayanya lagi penyakit Herpes Simplex Virus-2 (HSV-2) dapat menyebabkan cacat pada bayi lho jika diderita oleh ibu hamil.
  • Umumnya penyebab Herpes zoster atau yang biasa disebut cacar ular adalah karena setelah cacar airnya sembuh masih terdapat virus nakal yang masih hidup di simpul saraf dalam tubuh manusia.

Lalu bagaimanakah mencegah penyakit herpes?

Sebenarnya bukanlah hal sulit untuk mencegah penyakit herpes tersebut yaitu dengan; mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga, cukup istirahat, serta jangan lupa yah untuk menghindari dari yang namanya stress dalam kehidupan Anda.

Begini cara pertolongan awal penyakit herpes

  • Beberapa orang menemukan bahwa dengan mandi di air asin dapat membantu untuk meringankan gejala herpes.
  • Kompres es bisa membantu. Pastikan es dibungkus dalam sesuatu contohnya ke dalam kain dll, dan juga perlu untuk diingat yah untuk tidak mengompres es langsung ke kulit.
  • Terapkan Vaseline (atau beberapa petroleum jelly lainnya) ke daerah yang terkena penyakit herpes.
  • Hindari pakaian maupun menggunakan celana ketat di sekitar daerah yang terkena penyakit herpes.
  • Cuci tangan secara menyeluruh, terutama setelah menyentuh daerah yang terkena penyakit herpes.
  • Poin terakhir ini tentunya sangat penting untuk Anda catat, yaitu agar bisa menahan diri dari berhubungan badan dengan pasangan Anda sampai penyakit herpes telah hilang yah.