Penyakit Influenza, atau flu, adalah infeksi virus yang menyerang paru-paru, hidung, dan tenggorokan. Ini adalah penyakit pernapasan menular dengan gejala mulai dari yang ringan sampai berat.


Karena flu dan pilek memiliki gejala yang sama, bisa sulit untuk membedakan antara dua penyakit. Dalam kebanyakan kasus, gejala flu yang lebih parah dan berlangsung lebih lama dari pilek biasa.

Siapapun bisa menjadi sakit dengan flu, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi untuk infeksi. Ini termasuk anak di bawah usia 5 tahun dan orang dewasa yang lebih tua dari 65 tahun.

Risiko penyakit influenza juga meningkat, jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh lemah atau jika Anda memiliki penyakit kronis, seperti:

Apa Saja Gejala Penyakit Influenza?

Pada awalnya, flu dapat meniru pilek. Gejala awal mungkin termasuk sakit tenggorokan, bersin, atau ingusan. Beberapa gejala yang berlangsung :

  • Demam
  • Otot pegal
  • Tubuh Mengigil
  • Berkeringat
  • Sakit kepala
  • Batuk kering
  • Hidung tersumbat
  • Merasa kelalahan dan lemah

Penyakit Influenza biasanya tidak memerlukan pengobatan dokter. Gejala sering membaik dengan pengobatan rumah dalam waktu sekitar seminggu. Anda dapat meredakan gejala dengan obat umum flu dan pilek. Ini juga penting untuk banyak istirahat dan minum banyak cairan.

Namun, Anda dapat meminta dokter mengenai obat antivirus. Diambil dalam 48 jam pertama gejala, antivirus dapat mengurangi waktu dan tingkat keparahan flu.

Komplikasi Penyakit Flu

Kebanyakan orang sembuh dari flu tanpa komplikasi. Tapi kadang-kadang, infeksi sekunder dapat berkembang, seperti pneumonia, bronkitis, atau infeksi telinga.

Jika gejala hilang, dan kemudian kembali beberapa hari kemudian Anda mungkin memiliki infeksi sekunder. Segeralah ke dokter jika Anda menduga infeksi sekunder. Jika tidak diobati, pneumonia dapat mengancam jiwa.

Bagaimana Cara Flu Menyebar?

Untuk melindungi diri terhadap flu, Anda perlu memahami bagaimana virus menyebar. flu sangat menular. Inilah sebabnya mengapa hal itu dapat menyebar dengan cepat pada semua lingkungan.

Penyakit Influenza memungkinkan untuk menginfeksi seseorang satu hari sebelum gejala dimulai, dan hingga lima sampai tujuh hari setelah Anda menjadi sakit. Setelah melakukan kontak dengan virus, Anda akan mulai menunjukkan gejala dalam waktu satu sampai empat hari.

Anda bahkan dapat menularkan virus kepada seseorang sebelum Anda menyadari bahwa Anda sedang sakit. Penyebaran flu yang paling utama adalah dari orang ke orang. Jika seseorang bersin, batuk, atau berbicara, tetesan dari orang yang terinfeksi menyebar ke udara. Jika tetesan ini menyentuh hidung atau mulut, Anda bisa menjadi sakit juga.

Anda juga bisa mendapatkan flu dari jabat tangan, pelukan, dan menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi dengan virus. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak harus berbagi peralatan atau gelas minum dengan siapa pun, terutama orang-orang sakit.

Bagaimana Penyakit Influenza Dicegah?

Karena risiko komplikasi, penting untuk melindungi diri sendiri dan keluarga Anda dari virus. Sejak virus flu dapat menyebar dari orang ke orang, pastikan Anda mencuci tangan Anda sering dengan sabun atau menggunakan tangan berbasis alkohol pembersih. Selain itu, hindari menyentuh hidung dan mulut dengan tangan Anda.

Virus flu dapat hidup di permukaan keras dan benda-benda selama dua sampai delapan jam. Gunakan tisu desinfektan atau semprot pada permukaan umumnya menyentuh di rumah atau di tempat kerja untuk lebih melindungi diri.


Jika Anda merawat seseorang dengan penyakit influenza, Gunakan masker wajah untuk melindungi diri. Anda dapat membantu menghentikan penyebaran flu dengan menutup batuk dan bersin. Hal terbaik untuk batuk atau bersin ke siku Anda, bukan tangan Anda.

Selain itu, pertimbangkan untuk mendapatkan vaksinasi flu tahunan. Vaksin ini dianjurkan untuk semua orang yang berusia di atas enam bulan. Vaksin melindungi terhadap strain umum dari virus flu. Meskipun vaksin tidak 100 persen efektif, dapat mengurangi risiko flu sebesar 50 persen menjadi 60 persen.

--------***--------