Penyakit kelamin sering kali terjadi pada seseorang yang tidak melakukan hubungan seksual secara sehat, seperti berganti-ganti pasangan, penyakit kelamin juga dapat disebabkan oleh kurangnya dalam menjaga kebersihan organ kelamin atau organ reproduksi.


Penyakit kelamin umumnya disebabkan oleh kuman, virus dan bakteri yang tumbuh secara tidak normal pada organ intim.

Penyakit organ reproduksi dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Wanita dalam keadaan hamil juga dapat menularkan penyakit pada kelamin yang dia alami pada calon bayi yang dia lahirkan kelak. Terdapat berbagai jenis penyakit kelamin yang harus anda ketahui. Pada sebagian orang penyakit pada kelamin sering kali dianggap tabu untuk dibicarakan sehingga, bagi seseorang yang terkena penyakit pada organ reproduksi, terkadang malu untuk menceritakan penyakit yang dialami.

Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa penyakit kelamin yang sering menginfeksi pria dan wanita yang aktif dalam hubungan seksual.

Jenis Penyakit Kelamin

  • Herpes, penyakit ini termasuk kategori penyakit menular seksual. Herpes dapat menginfeksi siapa saja, baik itu pria maupun wanita. penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual dengan pasangan yang terlebih dahulu terkena apa itu herpes. Penyakit ini tidak memiliki obat dan tidak bisa disembuhkan, penyakit ini hanya dapat dikurangi dampak dari gejala, pengobatan sesuai dengan hasil diagnosis dari dokter.
  • Gonore atau kencing nanah, merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, beberapa orang yang beresiko terkena kencing nanah adalah seseorang yang aktif dalam berhubungan seksual dengan orang yang baru dikenal. Gejala yang mungkin anda dapati ketika anda terkena gonore adalah, keluarnya cairan dari alat kelamin, disertai rasa sakit yang luar biasa ketika buang air kecil.
  • Sifilis, penyakit organ reproduksi jenis ini disebabkan oleh bakteri spiroset yang dapat menular melalui hubungan seksual. Jika anda terkena sifilis saat hamil maka, sifilis dapat ditularkan ke janin selama kehamilan. Penyakit ini akan ditandai dengan tumbuhnya ruam pada area yang terkena sifilis.
  • Kutil kelamin, penyakit ini timbul diakibatkan oleh virus papilloma, atau HPV. Penyakit pada kelamin jenis ini juga disebabkan oleh kebiasaan hubungan seksual tanpa kondom dengan orang yang baru dikenal. Tidak semua jenis virus papilloma menyebabkan kutil kelamin. Kutil kelamin ditandai dengan munculnya daging kecil pada bagian kelamin. Penyakit ini dapat diobati dengan resep dari dokter.
  • Uretritis, penyakit ini menyerang pada bagian genital internal yaitu bagian uretra, wanita beresiko lebih besar terkena uretritis, dikarenakan sistem uretra pada wanita lebih pendek sehingga kuman mudah masuk kebagian dalam atau internal kelamin. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak menggunakan kondom.
  • Vaginitis, sesuai dengan namanya penyakit vaginitis hanya terkena pada wanita saja, penyakit ini merupakan peradangan pada vagina. Gejala penyakit ini pada umumnya akan merasakan gatal disertai nyeri yang luar biasa pada vagina, serta keluarnya cairan yang berlebihan dari dalam vagina.

Demikianlah artikel kami yang menjelaskan mengenai jenis penyakit pada kelamin pada pria dan wanita, dapat ditarik kesimpulan, rata-rata yang menyebabkan penyakit-penyakit di atas adalah hubungan seksual yang tidak sehat, dan kurangnya dalam menjaga kebersihan alat genital. Mulai dari sekarang agar memperbaiki kehidupan seksual anda, seperti penggunaan kondom ketika melakukan hubungan seksual terhadap orang yang baru dikenal, dan rawatlah alat kelamin anda dengan perawatan alami.

Jika anda mengalami penyakit-penyakit yang di atas sebaiknya anda segera ke dokter spesialis. Agar penyakit anda dapat didiagnosis secara tepat dan diberikan obat sesuai dengan kebutuhan anda. sehingga penyakit dapat sembuh dan tidak berulang.

--------***--------