Sariawan dalam bahasa medis disebut stomatitis. Sariawan adalah peradangan yang terjadi pada mukosa mulut (pada pipi bagian dalam), dan dapat menyerang selaput lendir pipi di bagian dalam, lidah, bibir bagian dalam, gusi dan langit-langit di sekitar rongga mulut.  Bercak atau luka sariawan dapat berkelompok maupun tunggal.

Sariawan termasuk penyakit ringan dan yang tidak berbahaya, tetapi sangat mengganggu karena dapat mengurangi kenikmatan dan selera makan. Makanan yang masuk akan bersentuhan dengan luka sariawan yang dapat menyebabkan rasa perih. Selain itu saat minum dan menggosok gigi juga bisa terasa perih karena bersentuhan dengan luka.

Jenis-Jenis Sariawan

 

Jenis jenis sariawan antara lain:

  1. Oral Thrush/Moniliasis: Penyebabnya adalah jamur albicans, banyak ditemui di lidah.
  2. Stomatitis Afthosa: Terjadi akibat benturan saat sikat gigi/benda lainnya maupun akibat tergigit sendiri.
  3. Stomatitis Herpetic: Penyebabnya adalah virus herpes simpleks, lokasi di bagian belakang tenggorokan.

Penyebab Sariawan

 

Penyebab sariawan antara lain:

  • Daya tahan tubuh rendah.
  • Kebersihan mulut buruk, terjadi luka pada mulut akibat makan atau minum terlalu panas.
  • Alergi dan infeksi pada mulut.
  • Terjadi luka akibat menggosok gigi.
  • Kekurangan vitamin C dan B.

Pencegahan Sariawan

 

Cara mencegah sariawan antara lain:

  • Selalu menjaga kebersihan pada bagian mulut dan gigi.
  • Hati-hati ketika sedang menggosok gigi, jangan sampai membuat luka.
  • Menghindari makanan dan minuman yang panas.

Faktor Penyebab Sariawan

Sariawan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang tidak berbahaya tetapi mengganggu, di sebabkan oleh infeksi. Sariawan pada mulut sangat mengganggu karena dapat menyebabkan tidak nyaman pada mulut. Semua orang pasti pernah mengalami sariawan.


Ada beberapa faktor penyebab yang dapat menyebabkan luka muncul di bagian mulut dan terasa sakit. Faktor penyebab sariawan antara lain infeksi bakteri di mulut, dan menimbulkan bekas seperti luka yang disebut dengan sariawan. Selain infeksi, faktor penyebab sariawan antara lain:

 

Kurang vitamin C adalah Salah satu faktor penyebab sariawan adalah karena kekurangan vitamin C. Vitamin C akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mulut dan seluruh tubuh tidak dapat mudah terinfeksi oleh bakteri maupun virus.

 

Gigi Palsu dapat membantu sebagai pengganti gigi asli yang copot maupun keropos. Kekurangan gigi palsu adalah dapat menjadi faktor penyebab sariawan. Gigi palsu dapat menjadi penyebab sariawan jika ukuran tidak sesuai dengan ukuran gigi aslinya sehingga pada dinding mulut akan selalu tergores oleh gigi palsu sehingga menyebabkan luka sariawan.

 

Kebersihan Mulut yang tidak terjaga merupakan salah satu penyebab sariawan. Mulut kurang bersih dapat disebabkan karena tidak rajin menggosok gigi, sehingga menjadi kotor dan memudahkan bakteri tumbuh. Oleh karena itu, kebersihan mulut merupakan hal yang untuk menghindari terkena penyakit ini.

 

Mengkonsumsi obat-obatan kimia dapat menjadi salah satu sariawan. Selain itu rokok juga bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan di mulut, oleh karena itu aktivitas merokok jangka panjang tidak baik untuk kesehatan mulut.

 

Benda Asing di mulut dapat berbentuk gigi palsu, maupun kawat gigi. Benda asing dapat menjadi faktor penyebab sariawan karena terjadi gesekan dengan dinding yang dapat menyebabkan luka.


Untuk anda yang tidak ingin mengalami penyakit ini, langkah yang paling tepat untuk melakukan pencegahan adalah dengan selalu menjaga kebersihan dan merawat dengan baik kesehatan mulut. Karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa batasan usia dan keadaan.

--------***--------